Thursday, November 29, 2012

TUGAS SOFTKILL ke 4

                                               KEAMANAN KOMPUTER

link PDF
http://www.4shared.com/office/6cFyfEh0/Tugas_softskil_ke_4_keamanan_k.html


TUGAS SOFT SKILS

KEAMANAN KOMPUTER

Disusun oleh :
DESTU HARIYUDHA
31111909
2DB12



JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS GUNADARMA
2012









DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR.................................................................................... 1
LATAR BELAKANG..................................................................................... 2
PEMBAHASAN.............................................................................................. 3
  1. DEFINISI KEAMANAN KOMPUTER .............................................
  2. JENIS JENIS KEAMANAN KOMPUTER.........................................
  3. CARA MENGAMANKAN KOMPUTER............
  4. KEAMANAN TERHADAP PERANGKAT LUNAK.........................
  5. KEAMANAN DATA BASE…………………………………………
KESIMPULAN..................................................................................................
LAMPIRAN GAMBAR....................................................................................
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................




















KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “
KEAMANAN KOMPUTER”.

Makalah ini berisikan tentang informasi
Pengertianatau yang lebih khususnya membahas Keamanan komputer Diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang KEAMANAN KOMPUTER

Saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.


Terima kasih, dan semoga makalah ini bisa memberikan sumbangsih positif bagi kita semua Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.


Bekasi, 27-11- 2012
DESTU HARIYUDHA








1


LATAR BELAKANG
Keamanan komputer berhubungan dengan pencegahan diri dan deteksi terhadap tindakan pengganggu yang tidak dikenali dalam system komputer.
Dalam keamanan sistem komputer yang perlu kita lakukan adalah untuk mempersulit orang lain untuk mengganggu sistem yang kita pakai, baik itu kita menggunakan komputer yang sifatnya stand alone, jaringan local maupun jaringan global. Kita harus memastikan system bisa berjalan dengan baik dan kondusif, selain itu program aplikasinya masih bisa dipakai tanpa ada masalah.
























2

PEMBAHASAN
  1. DEFINISI KEAMANAN KOMPUTER
Keamanan komputer adalah melindungi komputer dan jaringannya dengan tujuan mengamankan informasi yang berada di dalamnya. Keamanan komputer sendiri meliputi beberapa aspek , antara lain :
Privacy, adalah sesuatu yang bersifat rahasia (private). Intinya adalah pencegahan agar informasi tersebut tidak diakses oleh orang yang tidak berhak. Contohnya adalah email atau file-file lain yang tidak boleh dibaca orang lain meskipun oleh administrator. Pencegahan yang mungkin dilakukan adalah dengan menggunakan teknologi enksripsi, jadi hanya pemilik informasi yang dapat mengetahui informasi yang sesungguhnya

B. JENIS JENIS KEAMANAN KOMPUTER
1.) Jaringan Komputer Keamanan
Jaringan komputer merupakan bagian integral dari setiap organisasi hari ini, karena mereka memfasilitasi arus bebas data dan layanan untuk pengguna yang berwenang. Namun, jaringan tersebut juga menimbulkan ancaman keamanan dalam kasus data yang rahasia dan rahasia, sehingga membuat keamanan jaringan kebutuhan vital. Karena data yang tersedia hanya untuk pengguna yang berwenang, adalah mungkin bagi hacker untuk berpura-pura menjadi satu, dengan menyediakan nama pengguna dan password yang benar. Komputer keamanan jaringan bisa terganggu atau digerogoti dengan cara berikut:

Denial of Service: Denial-of-service dimaksudkan untuk menonaktifkan komputer atau jaringan dan dapat dijalankan dengan sumber daya terbatas. Ini adalah salah satu bentuk yang paling umum dari serangan hacker dan efektif dapat menonaktifkan jaringan seluruh organisasi. Denial of service attack membuat sumber daya komputer tidak tersedia untuk pengguna yang dimaksudkan. Untuk melaksanakan serangan semacam ini, hacker biasanya membanjiri jaringan atau router akses dengan lalu lintas palsu. Mereka juga membuat upaya untuk mengganggu hubungan antara dua mesin dan mencegah orang mengakses layanan.
3
Trojan Horse: Trojan horse adalah umum dan salah satu ancaman yang paling potensial untuk keamanan komputer. Mereka adalah program berbahaya dan keamanan-melanggar, menyamar sebagai sesuatu yang dianggap sebagai non-berbahaya oleh perangkat lunak keamanan. Mereka adalah alat yang berguna bagi hacker yang mencoba masuk ke jaringan pribadi. Hacker umumnya melampirkan kuda Trojan untuk sebuah file, yang memicu virus atau perangkat lunak dikendalikan dari jauh, memberikan kontrol penuh atas hacker komputer.
Virus dan Worms: Virus dan worm terkenal karena bersifat merusak dan milik mereplikasi diri mereka sendiri. Mereka pada dasarnya potongan kode program komputer yang ditulis oleh hacker dan jenius komputer lainnya.
Sniffing: Sniffing adalah tindakan mencegat paket TCP / IP saat mereka mendapatkan ditransfer pada jaringan. Intersepsi umumnya terjadi melalui menguping sederhana dilakukan oleh hacker.

2.) Sistem Komputer Keamanan
Keamanan perangkat keras komputer dan komponennya juga diperlukan untuk perlindungan keseluruhan data. Bahkan jika komputer tidak terhubung ke jaringan, seseorang dapat membuka lemari dan mendapatkan akses ke hard disk, yang nantinya dapat digunakan pada beberapa komputer lain untuk pencurian data. Jika sistem mandiri berisi beberapa informasi penting atau rahasia, harus disimpan di bawah pengawasan konstan. Hal ini juga penting untuk diingat bahwa dalam satu kasus dissembles hardware komputer, risiko kehilangan cakupan garansi menjadi sangat tinggi.

3.) Informasi Komputer dan Keamanan Data
Hal ini penting untuk menghindari data dan kehilangan informasi dalam kasus crash hard disk. Satu-satunya solusi adalah untuk secara teratur menyimpan backup dari semua data pada media lain seperti kaset magnetik, CD-ROM, dll Ini adalah praktik yang baik untuk menyimpan media off-site dan dalam kasus kecelakaan disk, mengembalikan informasi dari backup media ke disk baru. Dalam kasus media backup tidak terjangkau, seseorang harus mencoba untuk menyimpan file pada setidaknya dua perangkat media yang berbeda. Perangkat media harus sistematis disimpan di tempat yang aman dan aman, karena informasi yang terkandung
4
mungkin rahasia. Orang biasanya file database backup, file spreadsheet dan dokumen yang besar. Sebagai kendala teknis selalu ada, lebih baik untuk mengambil backup secara teratur, untuk menghindari hilangnya informasi.

C. CARA MENGAMANKAN KOMPUTER.

Langkah Utama Mengamankan Komputer :

Bagi para pengguna komputer baik yang terhubung dengan internet atau tidak, sudah saatnya untuk mengetahui bahwa bahaya akan kejahatan komputer terus mengintai baik disadari atau tidak, tinggal menunggu waktu yang tepat untuk menghancurkan isi komputer anda.
Terkait dengan berita di media online, tentang melesatnya penyebaran virus-virus buatan lokal yang tidak kalah merepotkannya dengan virus luar negeri, maka saya ingatkan untuk sebaiknya teman-teman pembaca selalu waspada. Dan waspada itu saya rangkum menjadi 9 langkah awal dalam mengamankan komputer. Ingat, ini adalah 9 langkah awal, kewaspadaan dan memperbaharui pengetahuan anda tentang cara-cara baru yang digunakan penjahat tetap senantiasa dibutuhkan.
Saat ini, pengguna komputer di Indonesia sebagian besar menggunakan Microsoft Windows sebagai sistem operasi, dan langkah ini memang ditujukan untuk sistem operasi tersebut.
1. Upgrade Sistem Operasi
Meng-upgrade sistem operasi ke yang lebih baru, setidaknya tetap mengikuti program terakhir yang disediakan.
  • Pengguna Microsoft Windows XP meng-upgrade ke Microsoft Windows XP Service Pack (SP) 2.
  • Untuk pengguna Microsoft Windows 95/98/ME/NT, disarankan meng-upgrade ke yang lebih tinggi.
  • Menutup celah keamanan pada sistem operasi dengan memasang security patch terkini.
  • 5
  • 2. Gunakan Firewall
Firewall membantu melindungi komputer dari hacker jahat, worm, dan beberapa spyware.
  • Gunakan Windows Firewall (tersedia pada Windows XP SP2) atau produk-produk firewall lainnya baik yang harus beli maupun yang gratis. Beberapa program firewall komersial adalah ZoneAlarm, Agnitum Outpost Personal Firewall, Checkpoint Firewall, dll. Sedangkan yang gratis seperti Comodo Personal Firewall, Sunbelt Personal Firewall,
  • Untuk pengguna internet broadband, pastikan router sudah memiliki firewall.
3. Install Antivirus
Antivirus melindungi kita dari akses virus pada komputer dan serangan-serangan jahat lain seperti trojan dan worm Antivirus bisa mencari virus, trojan, dan worm yang berdiam di komputer dan melakukan pemindai terhadap email yang masuk maupun email yang keluar. Yang terpenting adalah:
  • Pastikan Antivirus anda selalu diset untuk meng-update pengetahuannya tentang virus-virus terbaru.
  • Pastikan juga program Antivirus anda adalah versi yang terakhir.
  • Jangan membuka attachment email dari orang yang tidak anda kenal.
  • Lakukan pemindai (scanning) terhadap removable device seperti hard disk external, USB disk, maupun CD/DVD yang terkadang mengaktifkan auto-run.
4. Selalu Update
Sama seperti sistem operasi, piranti lunak yang terus di-update akan terbebas dari masalah kelemahan keamanan. Selain itu, gunakan program-program terkini agar terus mengikuti perkembangan keamanan program.


6
5. Mencegah Spyware
Spyware adalah program kecil yang hinggap di komputer kita untuk merekam dan mengirimkan semua data-data dan kegiatan yang terjadi di komputer, tentunya hanya
kegiatan yang diinginkan si pembuatlah yang direkam, seperti aktivitas keyboard oleh keylogger.
Mencegah spyware dapat dilakukan dengan:
  • Waspada terhadap file yang anda buka atau download lewat internet atau email.
  • Jangan menginstall program yang tidak jelas pembuatnya.
  • Jangan sembarangan berselancar ke situs yang memiliki tingkat risiko tinggi. Sebagai contoh: Banyak situs porno yang mengandung spyware.
Menghilangkan spyware bisa menggunakan program AntiSpyware seperti , Ad-Aware, Spybot Search & Destroy, dll lalu lakukan pemindai di seluruh komputer. Yakinkan program selalu melakukan update otomatis dan memindai komputer setiap hari sebelum anda memulai kerja.
6. Amankan Koneksi Nirkabel (Wireless)
Apabila anda memiliki jaringan nirkabel, selalu ikuti dokumentasi instalasi dan :
  • Gunakan MAC filtering untuk membatasi penggunaan pada komputer yang dipercaya saja.
  • Gunakan enkripsi WPA atau WPA2 yang lebih aman untuk mengurangi risiko penyadapan.
7. Membatasi Resiko Email Spam
Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko terhadap spam:
  • Jangan meng-klik apapun terhadap email yang telah diidentifikasi sebagai spam.
  • Pisahkan antara email pribadi / kantor dengan email yang digunakan khusus untuk melakukan registrasi online. 7
  • Gunakan email client yang sudah terintegrasi dengan spam filter atau pasang program spam filter.
8. Backup
Selalu backup file-file penting dan simpan di tempat lain yang aman, pastikan file-file terbackup dengan baik dan tidak mengandung malware.
9. Keamanan Fisik
  • Buat tanda “keamanan” pada komputer anda dan benda lain yang anda anggap penting, agar selalu ingat bahwa barang tersebut butuh keamanan.
  • Pastikan tidak meninggalkan catatan-catatan kecil di sembarang tempat.
  • Catat setiap nomor serial dan jangan sampai orang lain tahu.
  • Pastikan pintu rumah, jendela, garasi terkunci dengan baik. Alat pendeteksi gerak dan alarm meningkatkan pengamanan rumah anda.
  • Jangan biarkan komputer terlihat dari luar rumah, tentu akan mengundang pencuri.
  • Pakai kunci pengaman tambahan untuk laptop, misal: fingerprint, usb dongle, dll.
  • Gunakan tas yang memiliki pengaman tambahan untuk laptop.
  • Hati-hati saat kendaraan anda mengalami gangguan dijalan, misal: ban bocor, yang seringkali dimanfaatkan oleh penjahat untuk mencuri laptop anda.









8
D. KEAMANAN TERHADAP PERANGKAT LUNAK
Untuk keamanan perangkat lunak dapat dilakukan dengan tindakan/pengaturan-pengaturan tertentu. Akan tetapi pertanyaan yang muncul adalah ;Mana pengaturan yang perlu dan mana yang tidak? Kalau menggunakan suatu Program tertentu program yang mana ? Masalahnya, adalah semakin aman suatu sistem pastilah tingkat kenyamanannya semakin berkurang. Mengapa demikian ? Jika Anda ingin meningkatkan Keamanan komputer dengan memasang firewall, sudah barang tentu, sistem lebih aman berkat si tembok api tersebut. Tapi kenyamanan pasti berkurang gara-gara peringatan-peringatan yang sering muncul, juga sistem yang semakin berat
Karena terlalu banyak melakukan proses penyaringan. Itulah sebabnya orang berpikir 1024 kali sebelum menginstal firewall. Tapi, bukan berarti keamanan tidak penting. Keamanan tetap saja penting. Hanya saja tingkatannya berbeda-beda untuk setiap penggunaan Komputer. Pertanyaannya sekarang, sejauh mana keamanan yang Anda butuhkan? Kalau komputer hanya sebatas digunakan dirumah oleh anda saja tentu Anda tidak perlu repot-repot beralih ke sistem operasi lain hanya untuk memperoleh keamanan. Cukup optimalkan saja pengaturan keamanan di PC Anda dan sesuaikan dengan kondisi yang Anda hadapi.
Berikut ini adalah berbagai pilihan untuk mengamankan maupun mengoptimalkan system operasi Windows. Keseluruhan setting yang ada tidak merupakan keharusan untuk anda lakukan karena suatu setting pasti mempunyai konsekuensi tersendiri walaupun kemungkinannya sangat kecil. Saran kami sebelum mencoba segala sesuatunya adalah
  1. Buatlah terlebih dahulu system restore agar jika terjadi kesalahan system dapat kita kembalikan ke posisi semula.
  2. Lakukan juga backup untuk Registry Editor buat jaga-jaga
  3. Bacalah dengan seksama tentang maksud dan cara melakukan setiap setting yang akan anda lakukan
Lakukan lebih dahulu 3 poin di atas, dan jenis-jenis keamanan akan saya jelaskan pada artikel selanjutnya. Salam sukses!


McAfee Prediksi 2012 Serangan Virus Terhadap Perangkat Mobile Meningkat
KKeterangan: McAfee salah satu perusahaan perangkat lunak antivirus dan keamanan komputer memprediksikan serangan virus lebih besar pada perangkat mobile dibanding perangkat PC untuk tahun 2012 ini.















9
E. KEAMANAN DATA BASE
Keamanan merupakan suatu proteksi terhadap pengrusakan data dan pemakaian data oleh pemakai yang tidak punya kewenangan.













































10
Penyalahgunaan Database :

  1. Tidak disengaja, jenisnya :
    1. kerusakan selama proses transaksi
    2. anomali yang disebabkan oleh akses database yang konkuren
    3. anomali yang disebabkan oleh pendistribuasian data pada beberapa komputer
    4. logika error yang mengancam kemampuan transaksi untuk mempertahankan konsistensi database.
  2. Disengaja, jenisnya :
    1. Pengambilan data / pembacaan data oleh pihak yang tidak berwenang.
    2. Pengubahan data oleh pihak yang tidak berwenang.
    3. Penghapusan data oleh pihak yang tidak berwenang.

Tingkatan Pada Keamanan Database :
  1. Fisikal lokasi-lokasi dimana terdapat sistem komputer haruslah aman secara fisik terhadap serangan perusak.
  2. Manusia wewenang pemakai harus dilakukan dengan berhati-hati untuk mengurangi kemungkinan adanya manipulasi oleh pemakai yang berwenang
  3. Sistem Operasi Kelemahan pada SO ini memungkinkan pengaksesan data oleh pihak tak berwenang, karena hampir seluruh jaringan sistem database menggunakan akses jarak jauh.
  4. Sistem Database Pengaturan hak pemakai yang baik.











Keamanan Data :
1. Otorisasi :
  • Pemberian Wewenang atau hak istimewa (priviledge) untuk mengakses sistem atau obyek database
  • Kendali otorisasi (=kontrol akses) dapat dibangun pada perangkat lunak dengan 2 fungsi :
  • Mengendalikan sistem atau obyek yang dapat diakses
  • Mengendalikan bagaimana pengguna menggunakannya
  • Sistem administrasi yang bertanggungjawab untuk memberikan hak akses dengan membuat account pengguna.

2. Tabel View :
  • Merupakan metode pembatasan bagi pengguna untuk mendapatkan model database yang sesuai dengan kebutuhan perorangan. Metode ini dapat menyembunyikan data yang tidak digunakan atau tidak perlu dilihat oleh pengguna.
  • Contoh pada Database relasional, untuk pengamanan dilakukan beberapa level :
  1. Relasi pengguna diperbolehkan atau tidak diperbolehkan mengakses langsung suatu relasi
  2. View pengguna diperbolehkan atau tidak diperbolehkan mengakses data yang terapat pada view
  3. Read Authorization pengguna diperbolehkan membaca data, tetapi tidak dapat memodifikasi.
  4. Insert Authorization pengguna diperbolehkan menambah data baru, tetapi tidak dapat memodifikasi data yang sudah ada.
  5. Update Authorization pengguna diperbolehkan memodifikasi data, tetapi tidak dapat menghapus data.
  6. Delete Authorization pengguna diperbolehkan menghapus data.

  • Untuk Modifikasi data terdapat otorisasi tambahan :
12
  1. Index Authorization pengguna diperbolehkan membuat dan menghapus index data.

  1. Resource Authorization pengguna diperbolehkan membuat relasi-relasi baru.
  2. Alteration Authorization pengguna diperbolehkan menambah/menghapus atribut suatu relasi.
  3. Drop Authorization pengguna diperbolehkan menghapus relasi yang sudah ada.

  • Contoh perintah menggunakan SQL :

GRANT : memberikan wewenang kepada pemakai
Syntax : GRANT <priviledge list> ON <nama relasi/view> TO <pemakai>
Contoh :
GRANT SELECT ON S TO BUDI
GRANT SELECT,UPDATE (STATUS,KOTA) ON S TO ALI,BUDI
REVOKE : mencabut wewenang yang dimiliki oleh pemakai
12
Syntax : REVOKE <priviledge list> ON <nama relasi/view> FROM <pemakai>
Contoh :
REVOKE SELECT ON S TO BUDI
REVOKE SELECT,UPDATE (STATUS,KOTA) ON S TO ALI,BUDI

Priviledge list : READ, INSERT, DROP, DELETE, INEX, ALTERATION, RESOURCE


3. Backup data dan recovery :

Backup : proses secara periodik untuk mebuat duplikat ari database dan melakukan logging file (atau program) ke media penyimpanan eksternal.
13
Jurnaling : proses menyimpan dan mengatur log file dari semua perubahan yang dibuat di database untuk proses recovery yang efektif jika terjadi kesalahan.

Isi Jurnal :
  • Record transaksi
  1. Identifikasi dari record
  2. Tipe record jurnal (transaksi start, insert, update, delete, abort, commit)
  3. Item data sebelum perubahan (operasi update dan delete)
  4. Item data setelah perubahan (operasi insert dan update)
  5. Informasi manajemen jurnal (misal : pointer sebelum dan record jurnal selanjutnya untuk semua transaksi
  • Record checkpoint : suatu informasi pada jurnal untuk memulihkan database dari kegagalan, kalau sekedar redo, akan sulit penyimpanan sejauh mana jurnal untuk mencarinya kembali, maka untuk membatasi pencarian menggunakan teknik ini.

Recovery : merupakan upaya uantuk mengembalikan basis data ke keadaaan yang dianggap benar setelah terjadinya suatu kegagalan.

3 Jenis Pemulihan :
  1. Pemulihan terhadap kegagalan transaksi : Kesatuan prosedur alam program yang dapat mengubah / memperbarui data pada sejumlah tabel.
  2. Pemulihan terhadap kegagalan media : Pemulihan karena kegagalan media dengan cara mengambil atau memuat kembali salinan basis data (backup)
  3. Pemulihan terhadap kegagalan sistem : Karena gangguan sistem, hang, listrik terputus alirannya.

Fasilitas pemulihan pada DBMS :
  1. Mekanisme backup secara periodik
  2. fasilitas logging dengan membuat track pada tempatnya saat transaksi berlangsung dan pada saat database berubah.
  3. fasilitas checkpoint, melakukan update database yang terbaru.
14
  1. manager pemulihan, memperbolehkan sistem untuk menyimpan ulang database menjadi lebih konsisten setelah terjadinya kesalahan.

Teknik Pemulihan :
  1. defered upate / perubahan yang ditunda : perubahan pada DB tidak akan berlangsung sampai transaksi ada pada poin disetujui (COMMIT). Jika terjadi kegagalan maka tidak akan terjadi perubahan, tetapi diperlukan operasi redo untuk mencegah akibat dari kegagalan tersebut.
  2. Immediate Upadate / perubahan langsung : perubahan pada DB akan segera tanpa harus menunggu sebuah transaksi tersebut disetujui. Jika terjadi kegagalan diperlukan operasi UNDO untuk melihat apakah ada transaksi yang telah disetujui sebelum terjadi kegagalan.
  3. Shadow Paging : menggunakan page bayangan imana paa prosesnya terdiri dari 2 tabel yang sama, yang satu menjadi tabel transaksi dan yang lain digunakan sebagai cadangan. Ketika transaksi mulai berlangsung kedua tabel ini sama dan selama berlangsung tabel transaksi yang menyimpan semua perubahan ke database, tabel bayangan akan digunakan jika terjadi kesalahan. Keuntungannya adalah tidak membutuhkan REDO atau UNDO, kelemahannya membuat terjadinya fragmentasi.


4. Kesatuan data dan Enkripsi :

  • Enkripsi : keamanan data
  • Integritas :metode pemeriksaan dan validasi data (metode integrity constrain), yaitu berisi aturan-aturan atau batasan-batasan untuk tujuan terlaksananya integritas data.
  • Konkuren : mekanisme untuk menjamin bahwa transaksi yang konkuren pada database multi user tidak saling menganggu operasinya masing-masing. Adanya penjadwalan proses yang akurat (time stamping).


15
KESIMPULAN












































16
LAMPIRAN GAMBAR









































17
DAFTAR PUSTAKA





































18



Thursday, November 15, 2012

tugas softskil ke 3

https://docs.google.com/file/d/0B0CA6ISxshEsYkhYS1dWQVExaU0/edit








TUGAS SOFTSKIL

PENELITIAN USAHA ALFAMART


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjBBXwO3rV8sVo5UmqLcdAFA2bf6URtp5xeUab2t7UmZNmARTgt3FOE4KX5KkbLTCwxKhgecrFxWY4rVFuHdX-HuolOlbhQOw8kmo4ZXp3hE2MxLIA4IfktsC-_ioyu4TjfIBPe1KL37TY/s1600/logo+gundar.jpg

                                             Kelompok:
                                            Hendy Wijaya ( 33111308 )
           Indra Mahendra ( 33111596 )
                                            Destu  hariyudha ( 31111909 )







Universitas Gunadarma
2011/2012



ABSTRAKSI
Dalam setiap perusahaan maupun wirausaha memiliki tujuan untuk memaksimalkan laba (keuntungan). Strategi pemasaran merupakan suatu alat yang dapat menentukan hasil maupun optimalnya suatu cara memasarkan produk. Dengan mengetahui strategi pemasaran suatu perusahaan kita dapat pelajaran untuk menganalisa seberapa penting nya pemasaran dalam dunia usaha untuk penjualan suatu produk agar tidak mengalami kerugian.
Dari hasil penelitian ini, penulis ingin mengetahui seberapa dalam dan pentingnya pemasaran yang diterapkan oleh “Alfamart” dalam meraih pangsa pasarnya di dunia usaha yang sudah mengeraglobalisasi.



















I

KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah yang telah memberikan rakhmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan ilmiah yang berjudul “Penelitian Usaha Alfamart”.
Penulis menyadari bahwa keberhasilan penulisan ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak, baik langsung maupun tidak langsung. Dalam kesempatan ini, penulis ingin menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar- besarnya kepada:
1.         Allah SWT. Yang telah memberikan nikmat sehatnya kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan ilmiah ini dengan baik.
2.         Kepada kedua orang tua penulis yang telah memberikan semangat kepada penulis dalam menyelesaikan tulisan ilmiah ini.
3.         Kepada teman-teman selaku mahasiswa Univ. Gunadarma yang telah membantu saya dengan dukungan dan support hingga terbentuknya penulisan ilmiah ini.
















II


DAFTAR ISI

ABSTRAKSI…………………………………………………………………….…………..  I
DAFTAR ISI………………………………………………………...……………………… II
KATA PENGANTAR………………………………………………….………………….  III
BAB  I  PENDAHULUAN……………………………………………………….…………. 1
1.1  Latar Belakang Masalah………………………………………………………….……… 1
1.2  Rumusan Masalah………………………………………………….……………………. 1
1.3  Batasan Masalah…….…………………………………………………………………… 1
1.4  Tujuan Penelitian…………………………………………………….…….…………….. 1
1.5  Manfaat Penelitian……………………………………………………………………….. 2
1.6  Metode Penelitian………………………………………………….….…………………. 2
BAB  II  PEMBAHASAN………………………………………………….……………….. 3
2.1 Pengertian Pemasaran………………………………………………….…….…………… 3
2.2 Strategi Pemasaran……………………………………………………………………….. 3
2.3 Suasana Dalam Toko………………………………………………….….……………… 6
2.4 Kerjasama Alfamart Dengan Perusahaan Lain ...............................................7
2.5 Analisis SWOT…………………………………………………….……….……………. 11

BAB  III   KESIMPULAN…………………………………………………….…….……………….  12
3.1  Kesimpulan ……………………………………………………….……..……………..  12
3.2  Daftar Pustaka……………………………………………………………..……………. 12





















III

BAB I

PENDAHULUAN
1.1.  Latar Belakang
Di masa yang sangat erat dalam dunia pemasaran dibutuhkan suatu cara yang dapat memperoleh mutu dalam meraih pangsa pasar. Semakin menjamurnya bisnis waralaba di Indonesia dewasa sekarang ini, menunjukan semakin banyak masyarakat memilih untuk berbelanja di tempat yang nyaman, bersih dan juga pelayanan yang baik. Salah satunya adalah Alfamart, yaitu sebuah waralaba minimarket yang menyediakan produk kebutuhan sehari-hari masyarakat.
Melihat dari besarnya kesempatan bisnis dalam meraih pasar di bidang penjualan produk kebutuhan sehari-hari tersebut dan juga adanya persaingan yang ketat dengan waralaba sejenis, maka diperlukan strategi bersaing, khususnya di bidang pemasaran tepat. Mengingat tempat/lokasi strategis yang mungkin menjadi salah satu yang dapat menentukan bisnis tersebut, agar tujuan perusahaan untuk meningkatkan penjualan tercapai dengan optimal.
Dengan dasar alasan tersebut, penulis tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang strategi pemasaran Alfamart dalam penjualan dan promosi produk-produknya. Dan untuk maksud alasan tersebut maka penulis ingin melakukan penulisan ilmiah yang akan di beri judul dengan nama:
STRATEGI PEMASARAN ALFAMART DALAM MERAIH PANGSA PASAR DI DUNIA USAHA”

1.2.  Rumusan Masalah
Berdasarkan dari semua maksud dan alasan dari latar belakang yang telah diuraikan sebelumnya diatas oleh penulis, hingga di dapat sebuah perumusan masalah yang akan dibahas adalah :
a)      Strategi pemasaran apakah yang diterapkan Alfamart untuk menarik konsumen ?
b)      Faktor dan ancaman apa saja yang dihadapi Alfamart dalam melakukukan promosi penjualan dan pemasarannya ?


1.3.  Batasan Masalah
Dari semua rumusan masalah yang diuraikan oleh penulis, penulis membatasi masalah yang diambil dalam penentuan penulisan ilmiah ini yaitu :
a)        Strategi pemasaran Alfamart dalam mempromosikan produk-produknya.
b)        Hambatan yang sering dihadapi Alfamart dalam menmasarkan produk-produknya.
1.4.  Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian dari penulisan ilmiah ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan proses bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan Alfamart untuk menarik konsumen, untuk menganalisa bagaimana ancaman dan faktor utama yang dihadapi Alfamart dalam persaingan promosi penjualan produknya dan langkah apa yang diambil Alfamart untuk memasarkan produknya lebih optimal lagi.

 1

1.5.  Manfaat Penenlitian
Dengan dilakukannya penelitian ini, akan memberikan maafaat diantaranya adalah :
a)        Manfaat akademis
Diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat dalam menambah wawasan, pengetahuan, informasi atau masukan terhadap mahasiswa, serta lebih memahami lebih dalam lagi tetntang cara menerapkan strategi pemasaran terhadap penjualan.
b)        Manfaat Praktis
Penelitian ini diharapkan dapat memberi referensi maupun sumbangan informasi serta pemikiran bagi pihak perusahaan/toko dalam perbaikan strategi pemasaran dan untuk dapat menentukan kebijakan dalam mengambil keputusan khususnya dalam pengambilan strategi bersaing, guna memajukan dan meningkatkan penjualan dan pengembangan usaha secara optimal.
1.6.  Metode Penelitian
Penulisan ilmiah ini disusun dengan acuan beberapa metode diantaranya adalah :
Objek utama penelitian ini adalah di Alfamart Kemang Pratama 2 yang terletak di Jalan Raya Kemang Pratama Raya, Bekasi Selatan.Dalam penulisan ilmiah ini, data yang digunakan oleh penulis adalah data primer dan data sekunder. Data primer merupakan sumber data penelitian yang diperoleh secara langsung dari sumber asli (tidak melalui media perantara).
Data primer dalam penelitian ini diperoleh dengan cara observasi dan wawancara langsung dengan karyawan dan pemiliknya, yang penulis lakukan dengan cara mengikuti dan mengamati proses pekerjaan yang dilakukan di dalam minimarket Alfamart. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui buku-buku serta situs-situs resmi yang mendukung pembahasan dalam penelitian ini.
Untuk mendapatkan data atau informasi yang dibutuhkan dalam penulisan ilmiah ini penulis memperoleh data dari:
1.         Studi Lapangan
Wawancara: diperlukan dalam rangka melengkapi data dengan mengajukan pertanyaan kepada pemilik dan karyawan minimarket Alfamart Kemang Pratama 2.
1.         Studi Pustaka
Penulis mengumpulkan data dari kumpulan catatan penulis serta buku-buku yang berkaitan dengan pemasaran dan penelitian ini.
Alat analisis yang digunakan dalam penulisan ilmiah ini adalah dengan menggunakan media yang diterapkan langsung oleh minimarket Alfamart.














2


BAB III

PEMBAHASAN

2.1  Pengertian Pemasaran
Ditengah maraknya pasar yang kian saling bersaing satu sama lain kini bukan hanya julukan bagi Kota Bekasi, Daerah Pekayon Jaya pun demikian (wilayah kota Bekasi bagian selatan). Dengan padatnya usaha-usaha sejenis di seluruh penjuru Kota Bekasi (terlepas dari kontroversi permasalahan perizinan minimarket Alfamart), maka diperlukan strategi pemasaran yang tepat agar dapat menarik konsumen di tengah minimarket-minimarket sejenis yang lokasinya mungkin saja bersebelahan atau bersebrangan.
Pemasaran adalah suatu proses kegiatan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor sosial, budaya, politik, ekonomi, dan manajerial. Akibat dari pengaruh berbagai faktor tersebut adalah masing-masing individu maupun kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan dengan menciptakan, menawarkan, dan menukarkan produk yang memiliki nilai komoditas.” (Freddy Rangkuti 2004 : 11).
Pemasaran adalah sebuah fungsi manajemen penting yang diperlukan guna menciptakan permintaan produk yang anda jual.” (Paul N. Bloom dan Louise N. Boone 2006:5)
Pemasaran secara sederhana adalah yang mengatur relasi menguntungkan dengan konsumen. Tujuan dari pemasaran adalah menciptakan nilai untuk konsumen dan untuk menangkap nilai dari konsumen atau mendapat timbal balik dari konsumen.” (Philip Kotler dan Gary Armstrong 2010)
2.2  Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan mengenai biaya pemasaran, bauran pemasaran, harga produk, kondisi produk dan alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan.
Menurut Philip Kotler dan Gary Amstrong yang diterjemahkan Imam Nurmawan (2001;53) menyatakan bahwa strategi pemasaran adalah logika pemasaran yang dengan unit usaha berharap dapat mencapai tujuan perusahaannya.
3

Menurut Fandy Tjipto yang dikutip Tull dan Kahle (2001;6) strategi pemasaran adalah sebagai alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dengan program pemasaran, yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut.
          Strategi pemasaran adalah sebuah proses
          Tujuan utamanya adalah untuk mencapai level tertinggi dari kepuasan konsumen dengan cara menunjukkan kinerja perusahaan dalam situasi pasar yang kompetitif dan dapat melayani pasar sasaran.
          Strategi pemasaran melakukan interaksi dengan berbagai faktor lingkungan sekitar perusahaan dan menghubungkannya dengan perusahaan.
          Strategi pemasaran dapat memberikan pandangan luas tentang pasar.


Bauran Pemasaran
Menurut Philip Kotler (1993), Bauran Pemasaran adalah serangkaian variabel pemasaran terkendali yang dipakai oleh perusahaan untuk menghasilkan tanggapan yang dikehendaki perusahaan dari pasar sasarannya.
Bauran pemasaran pada umumnya dikenal dengan 4P yaitu : product, price, place, promotion. Namun menurut beberapa pakar pemasaran, bauran pemasaran untuk usaha eceran perlu diperluas.
Menurut Lamb, Hair, dan McDaniel, bauran pemasaran untuk usaha eceran (retailing mix) terdiri dari enam P : empat P kombinasi bauran Pemasaran (product, place, promotion, price) ditambah personnel dan presentation.Dimana personnel terdiri dari pelayanan pelanggan dan penjualan pribadi, danpresentation terdiri dari tata letak dan suasana. Kombinasi enam P ini memproyeksikan citra toko, yang mempengaruhi persepsi para konsumen.
Di dalam pelaksanaan operasi penjualan secara eceran, penambahan personnelmerupakan penjualan pribadi yang diarahkan kepada pelayanan yang diberikan, sedangkan presentation merupakan pengembangan dari promosi sebagai langkah untuk merubah perilaku konsumen dalam berbelanja yaitu dalam hal desain eksterior (luar) maupun interiornya (setting latar di dalam toko), dan memberikan kenyamanan dengan menciptakan atmosfer yang baik dari dalam toko.
Di sisi lain menurut Hendri Ma’ruf, bauran eceran terdiri dari lokasi,merchandise, pricing, periklanan dan promosi, atmosfer dalam gerai, danretail service.
Dari definisi diatas dapat dilihat bahwa bauran eceran meliputi enam variabel utama yaitu barang dagangan, lokasi, promosi, harga, pelayanan, dan suasana toko (luar dan dalam).
Lokasi (location)
Lamb, Hair, dan McDaniel mengatakan bahwa lokasi mempengaruhi pertumbuhan di masa depan, area yang dipilih haruslah mampu untuk tumbuh dari segi ekonomi sehingga dapat mempertahankan keberlangsungan toko semula dan toko-toko di masa datang. Jika nilai lokasi memburuk, toko tersebut mungkin harus pindah atau tutup.
Menurut Hendri Ma’ruf (2005;115) lokasi adalah faktor yang sangat penting dalam bauran pemasaran ritel (retail marketing mix). Pada lokasi yang tepat, sebuah gerai akan lebih sukses dibandingkan gerai lainya yang berlokasi kurang strategis.
Barang Dagangan (Merchandising)
Menurut Asep ST Sujana (2005;33) merchandising diartikan sebagai supaya pengadaan dan penanganan barang. American Marketing Association dalam Davidson (1988) mendefinisikan merchanding sebagai upaya-upaya penyediaan barang yang tepat, pada tingkat harga yang tepat dan pada saat yang tepat pula.








Harga (price)
Bagi konsumen harga merupakan segala bentuk biaya moneter yang dikorbankan oleh konsumen untuk memperoleh, memiliki, memanfaatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanan dari suatu produk.
Menurut Komarudin Sastradipoera (2003;141), harga merupakan hasil pertemuan dari transaksi barang atau jasa yang dilakukan oleh permintaan dan penawaran di pasar.
Adapun pengertian harga menurut Komarudin Sastradipoera (2003;141), harga adalah sebagai jumlah sesuatu yang dipertukarkan dalam barter atau penjualan, untuk memperoleh sesuatu yang lainnya. Sebuah toko dapat menjadi terkenal karena harga jual yang ditetapkan cukup murah atau harga jual yang ditetapkan merupakan harga pasti. Berdasarkan hal itu, ritel harus dapat menetapkan harga.
Menurut H:Djaslim Saladin (2002;95) Tujuan penetapan harga adalah :
-           Profl maximalitazion pricing (maksimalisasi keuntungan) Yaitu untuk mencapai maksimalisasi keuntungan.
-           Market share pricing (penetapan harga untuk merebut pangsa pasar)
Dengan harga rendah, maka pasar akan dikuasai, syaratnya :
-           Pasar cukup sensitive terhadap harga
-           Biaya produksi dan distribusi turun jika produksi naik
-           Harga turun pesaing sedikit
Promosi (promotion)
Di dalam perusahaan ritel sangat memerlukan promosi untuk memasarkan produk yang telah di hasilkan, dimana dalam hal ini promosi sebagai alat bantu untuk mendefinisikan produk, untuk menghimbau pembeli dan untuk meneruskan informasi dalam proses mengambil keputusan pembeli dengan adanya promosi.
Pengertian promosi menurut Buchari Alma (2004:179): ”Promosi adalah komunikasi yang memberi penjelasan dan meyakinkan calon konsumen mengenai barang dan jasa dengan tujuan untuk memperoleh perhatian, mendidik, mengingatkan dan meyakinkan calon konsumen.
Promosi pun terbagi beberapa bentuk-bentuk menurut Kotler dan Amstrong (2004:600) adalah sebagai berikut:
1.         Pemasangan iklan adalah setiap bentuk presentasi dan promosi yang memerlukan biaya tentang gagasan, barang atau jasa oleh sponsor yang jelas.
2.         Penjualan Personal adalah Presentasi personal oleh tenaga penjual dari sebuah perusahaan dengan tujuan menghasilkan transaksi penjualan dan membangun hubungan dengan pelanggan.
3.         Promosi Penjualan adalah insentif-insentif jangka pendek untuk mendorong penjualan produk atau jasa.

 5
Pelayanan (service)
Menurut Kotler (2007:427) mengatakan bahwa ”Pelayanan adalah tindakan atau keterampilan yang dapat ditawarkan oleh apapun juga yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak menyebabkan kepemilikan sesuatu, pelayanan dapat disertakan dengan produk yang berbentuk fisik”.
Aspek pelayanan semakin hari semakin nyata perannya, secara umum pelayanan tersebut meliputi bagaimana kecepatan melayani pelanggan sebelum berbelanja. Dengan demikian usaha eceran (retailer) harus mampu mencoba sedemikian rupa agar pelayanan yang dirasakan pelanggan meningkat serta sesuai dengan kehendak pelanggan.
Unsur pelayanan adalah unsur yang memiliki peranan penting dalam persaingan non-harga dengan pengecer-pengecer lain. Unsur-unsur pelayanan menjadi nyata bagi Perusahaan dengan bersaing dengan para pesaingnya karena unsur pelayanan sangat sulit ditiru oleh pesaing. Kotler (2007:446) membagi pelayanan menjadi dua bagian yaitu :
          Pelayanan primer dalam usaha eceran
antara lain : pembayaran kredit, pengantaran, penanganan keluhan, pelayanan parkir, ruang istirahat termasuk toilet, pelayanan perbaikan, pelayanan telepon, kamar pas, pelayanan pemasangan, dan waktu operasi toko.
          Pelayanan pendukung
antara lain : pelayanan kehilangan barang, ruang bermain anak, jasa pembungkusan, informasi lokasi barang, konsultasi dan informasi pembelian.
Pelayanan adalah salah satu faktor pemberi nilai tambah bagi peritel, atau peritel dapat memilih kombinasi ragam produk dan tingkat pelayanan sebagaipositioning.
2.3  Suasana Dalam Toko (atmosfer)
Jika iklan bertujuan memberitahu, menarik, memikat atau mendorong konsumen, untuk datang ke gerai dan membeli barang, maka suasana toko berperan penting memikat pembeli, membuat nyaman mereka dalam memilih barang belanjaan, dan mengingatkan mereka produk apa yang perlu dimiliki baik untuk keperluan pribadi maupun keperluan rumah tangga. Gerai kecil yang tertata rapih dan menarik akan lebih mengundang pembeli dibandingkan gerai yang diatur biasa saja tetapi bersih, namun itu masih lebih menarik dari pada gerai yang tidak diatur baik dan tampak kotor.
Suasana dalam gerai menggambarkan moment of truth, yaitu situasi langsung yang dirasakan konsumen pada saat berbelanja. Jika setting suasana itu optimal maka peritel (dengan gerai yang dikunjungi konsumen) akan dapat menyentuh emosi konsumen dan memberi pengalaman berbelanja yang menyenangkan. Desain toko yang baik akan menarik banyak konsumen untuk datang, desain toko merupakan strategi penting untuk menciptakan suasana yang akan membuat pelanggan merasa betah berasa dalam suatu gerai atau toko. Desain toko yaitu desain interior yang mencakup tata letak barang, aksesoris toko sementara desain eksterior mencakup lay-out, pintu masuk, dan jalan masuk.

2.4 Kerjasama Alfamart Dengan Perusahaan Lain
Tiket Kereta Api di Alfamart

OVERVIEW
Layanan hasil kerjasama Alfamart dengan PT. Kereta Api Indonesia (KAI) untuk melayani pembelian tiket kereta Api di Alfamart khususnya kelas eksekutif, bisnis dan kelas ekonomi komersial/AC.
:: Cara Pembelian Tiket Kereta Api di Alfamart
- Konsumen dapat mendatangi seluruh toko Alfamart untuk dapat dilayani pembelian tiket kereta api selama 24 jam (tidak ada batas waktu) selama jam kerja toko masih beroperasi.
- Konsumen mengisi formulir pemesanan tiket yang disediakan di Toko Alfamart
- Karyawan Toko Alfamart mengisi data yang diterima konsumen dan melakukan pengecekan di Aplikasi online yang terdapat di Toko Alfamart.
- Karyawan Toko Alfamart akan melakukan konfirmasi untuk ketersediaan tiket tujuan yang dipesan, Jika sudah sesuai konsumen melakukan pembayaran sesuai dengan harga tiket ditambah biaya administrasi sebesar Rp 6.000
- Konsumen dapat melakukan pembayaran dengan tunai atau non tunai (1) Debit BCA, (2) BCA Flazz, (3) BNI Prepaid dan (4) Mandiri Prabayar
- Transaksi pembelian tiket kereta api di Alfamart berhasil dilakukan, konsumen diberikan bukti Transaksi pembelian tiket kereta api
:: FAQ
T : Apakah Reservasi Online Tiket Kereta Api BISA UNTUK BERANGKAT HARI INI hingga H+90?
J : Bisa
T : Apakah Reservasi Online Tiket Kereta Api berlaku untuk harga PROMO, kelas EKONOMI AC, BISNIS dan EKSEKUTIF.
J : Untuk tiket Promo bisa selama persediaan masih ada. Untuk kelas EKONOMI, tetap harus pesan langsung ke loket stasiun
T : Berapakah Tarif  Administrasi pembelian tiket kereta Api di Alfamart?
J : Rp 6.000 / transaksi
T : Apakah Struk transaksi Reservasi Online Tiket Kereta Api bisa segera DITUKAR HARI ITU di STASIUN ONLINE MANAPUN?
7
J : Iya, Konsumen dapat segera menukarkan HARI ITU di STASIUN ONLINE MANAPUN dan boleh menukarkan selambatnya 1 jam sebelum keberangkatan di stasiun online kereta api di manapun (tidak harus di stasiun keberangkatan). Contoh: dari Jakarta pesan tiket balik untuk stasiun Gubeng (Surabaya) ke stasiun Gambir (Jakarta), boleh tukarin struknya di stasiun Gambir (Jakarta), atau di stasiun online lainnya, misalkan di stasiun Senen (Jakarta).
T : Apakah ada perbedaan harga tiket antara untuk Dewasa dan Anak?
J : Untuk Dewasa dan Anak, perbedaannya adalah di HARGA TIKET untuk kelas Bisnis (kelas lainnya, harganya sama). Selain itu
untuk Penumpang pertama boleh Dewasa maupun Anak. Tidak ada aturan lagi, Penumpang pertama harus Dewasa.
T : Bagaimana jika KONSUMEN KEHILANGAN STRUK transaksi Reservasi Online Tiket Kereta Api?
J : Datang kembali ke toko yang melakukan transaksi dengan dilakukan oleh hanya Penumpang pertama dan konsumen pertama wajib menunjukkan identitas yang digunakan saat transaksi tsb
Poin Senyum Indosat

Program Indosat Senyum adalah program Loyalti dan Retensi Indosat yang berbasis poin. Semua pelanggan GSM Indosat berhak untuk mendapatkan Poin Senyum yang berasal dari setiap pemakaian pelanggan atas layanan telekomunikasi Indosat (Mentari, IM3, Matrix dan Indosat Mobile).
Poin Indosat Senyum bisa ditukarkan dengan voucher belanja Alfamart yang dapat digunakan untuk berbelanja GRATIS di Alfamart, untuk nominal belanja Rp 5.000 dan Rp 10.000.
Untuk bisa bergabung dalam Program Indosat Senyum, pelanggan harus mendaftarkan nomornya terlebih dahulu.

Cara Pendaftaran Program Indosat Senyum
1. Melalui SMS : ketik SENYUM kirim ke 7887
2. Atau melalui *888*9*3# OK/Call
3. Tarif Rp 25 / SMS
Cara Pengecekan Poin Indosat Senyum
1. Melalui SMS : ketik POIN kirim ke 7887
2. Atau melalui *888*9*1# OK/Call
3. Tarif Rp 0 / SMS

Cara Penukaran Voucher Belanja Alfamart
1. Untuk nominal belanja Rp 5.000 : melalui SMS, ketik Alfamart 5000 kirim ke 7887
2. Untuk nominal belanja Rp 10.000 : melalui SMS, ketik Alfamart 10000 kirim ke 7887
3. Tarif Rp 25 / SMS

8
4. Bisa diredeem berkali – kali, misalkan punya poin 28.000, bisa ditukar dengan :
4.1.  SMS ketik Alfamart 10000 kirim ke 7887
4.2.  SMS ketik Alfamart 10000 kirim ke 7887
4.3.  SMS ketik Alfamart 5000 kirim ke 7887

Cara Berbelanja Menggunakan Voucher Belanja Alfamart
1. Datang ke toko Alfamart terdekat
2. Belanja seperti biasa di Alfamart
3. Saat pembayaran, tunjukkan SMS dari 7887 yang berisi kode voucher Alfamart untuk ditransaksikan di toko
4. Satu transaksi pembayaran, bisa menggunakan beberapa kode voucher Alfamart
5. Misalkan sudah redeem 2x voucher belanja Rp 10.000 dan 1 voucher belanja Rp 5.000, dan total belanja = Rp 45.000, maka tinggal bayar sisanya Rp 20.000 (belanja Rp 45.000 – voucher Rp 25.000)
Layanan Transaksi PLN di Alfamart

Info Layanan
Sejak tanggal 5 November 2011, Alfamart mulai menerima layanan transaksi PLN di toko toko
Alfamart di seluruh Indonesia. Dengan diluncurkannya layanan ini, kini masyarakat dapat
melakukan transaksi pembayaran tagihan rekening listrik PLN, maupun pembelian pulsa listrik
prabayar di kasir Alfamart.

Keuntungan menggunakan Layanan ini
Selain praktis dan bebas antri, layanan ini menawarkan flexibilitas kepada masyarakat,
karena dapat digunakan baik di hari kerja maupun di hari libur, sesuai dengan jam
operasional toko. Masyarakat juga dapat melakukan transaksi untuk nomor rekening
listrik manapun di seluruh toko Alfamart.
Cara menikmati Layanan ini
Untuk melakukan pembayaran tagihan listrik PLN, Customer hanya perlu membawa /
memberitahu nomer ID Pelanggan PLN mereka kepada kasir.
Untuk melakukan pembelian pulsa listrik prabayar, Customer hanya perlu membawa /
memberi tahu nomer ID Pelanggan PLN, atau nomer meter mereka kepada kasir
9
Tarif
Untuk menikmati layanan ini, konsumen akan dikenakan biaya admin sebesar Rp1,600
Layanan Cicilan WOM di Alfamart

Info Layanan
Sejak tanggal 1 January 2012, Alfamart bekerjasama dengan PT Wahana Ottomitra
Multiartha Tbk (WOM) mulai memperkenalkan layanan cicilan WOM di toko toko Alfamart di
seluruh indonesia. Dengan adanya layanan ini, kini masyarakan dapat melakukan transaksi
pembayaran cicilan WOM mereka di kasir.
Keuntungan menggunakan Layanan ini
Selain praktis dan bebas antri, layanan ini menawarkan flexibilitas kepada masyarakat,
karena dapat digunakan baik di hari kerja maupun di hari libur, sesuai dengan jam
operasional toko.
Cara menikmati Layanan ini
Customer hanya perlu menunjukkan kartu angsuran mereka kepada kasir
Tarif
Tidak ada tarif ataupun biaya tambahan yang akan dikenakan kepada konsumen untuk
menikmati layanan ini
Layanan Cicilan FIF di Alfamart

Info Layanan
Sejak tanggal 1 January 2012, Alfamart bekerjasama dengan PT Federal International Finance
(FIF) mulai memperkenalkan layanan cicilan FIF di toko toko Alfamart di seluruh indonesia.
Dengan adanya layanan ini, kini masyarakan dapat melakukan transaksi pembayaran cicilan
FIF mereka di kasir.
Keuntungan menggunakan Layanan ini
Selain praktis dan bebas antri, layanan ini menawarkan flexibilitas kepada masyarakat,
karena dapat digunakan baik di hari kerja maupun di hari libur, sesuai dengan jam
operasional toko.
Cara menikmati Layanan ini
Customer hanya perlu menunjukkan kartu angsuran mereka kepada kasir
Tarif
tidak ada tarif ataupun biaya tambahan yang akan dikenakan kepada konsumen untuk menikmati layanan ini



2.5  Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah sebuah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threatsterlibat dalam suatu proyek atau dalam bisnis usaha. Hal ini melibatkan penentuan tujuan usaha bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang baik dan menguntungkan untuk mencapai tujuan itu.
Teori Analisis SWOT adalah sebuah teori yang digunakan untuk merencanakan sesuatu hal yang dilakukan dengan SWOT. SWOT adalah sebuah singkatan dari S adalah Strenght atau Kekuatan, W adalah Weakness atau Kelemahan, O adalah Oppurtunity atau Kesempatan, dan T adalah Threat atau Ancaman. Menurut Freddy Rangkuti (2005), SWOT adalah identitas berbagai faktor secara sistematis untuk merumusakan strategi pelayanan. Analisis ini berdasarkan logika yang dapat memaksimalkan peluang namun secara bersamaan dapat meminimalkan kekurangan dan ancaman. Analisis SWOT membandingkan antara faktor eksternal dan faktor internal.






2.6 Sistem Pembayaran dan informasi menggunakan data base  SQL
SQL (Structured Query Language) adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional Bahasa ini secara de facto merupakan bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Saat ini hampir semua server basis data yang ada mendukung bahasa ini untuk melakukan manajemen datanya.
Pengumpulan dan Penggunaan Informasi
   Menurut pegawai alfamart  SQL  yang di gunakan untuk mengumpulkan informasi pribadi dengan Pengunjung website yang tidak dikenal: Jika anda mengunjungi website kami, kami dapat menyimpan atau merekam semua informasi yang terkait dengan IP address, informasi “cookie”, dan semua informasi lainnya tentang konten apa yang anda akses atau kunjungi. Informasi ini dikumpulkan dan dijalankan oleh sistem ketika anda mengunjungi dan mengakses website kami.
 Sistem pembayaran dan informasi  dengan SQL Untuk memudahkan hubungan Alfamart dengan  supplier, Alfamartmenjalankan  yang bertujuan untuk memudahkan pelayan supplier dan mendukung penerapan sistemteknologi informasi dalam manajemen rantai pasokan.




















BAB  III

KESIMPULAN


3.1   Kesimpulan
Dalam kajian penelitian sejenis ini, penulis berpedoman pada penulis ilmiah yang sudah ada pada tahun-tahun sebelumnya yang tersedia di perpustakaan Universitas Gunadarma. Penulisan ilmiah tersebut penulis jadikan pedoman karena ada kesamaan tema dengan penelitian yang dibuat penulis. Judul penulisan tersebut antara lain :
yang digunakan untuk menganalisa dan mengetahui bagaimana suatu perusahaan untuk melakukan upaya-upaya dalam memasarkan produk-produknya. Dalam pembahasan ini setiap strategi yang dilaksanakan Alfamart dapat dikatakan cukup berhasil. Keberhasilan tersebut dapat terlihat pada banyaknya produk yang telah terjual.

3.2  Daftar Pustaka

          http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran
          http://infosky.wordpress.com/2008/04/11/strategi-pemasaran-4p3p/
          http://www.scribd.com/doc/16921528/strategi-pemasaran-
          http://ahlimanajemenpemasaran.com/
          http://purubaya92.wordpress.com/2012/04/06/strategi-pemasaran-alfamart-dalam-meraih-pangsa-pasar-di-dunia-usaha/






 

Green Day - Minority

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info