TUGAS
SOFTSKIL
PENELITIAN
USAHA ALFAMART
Kelompok:
Hendy
Wijaya ( 33111308 )
Indra Mahendra ( 33111596 )
Destu hariyudha ( 31111909 )
Universitas Gunadarma
2011/2012
ABSTRAKSI
Dalam setiap perusahaan maupun wirausaha memiliki
tujuan untuk memaksimalkan laba (keuntungan). Strategi pemasaran
merupakan suatu alat yang dapat menentukan hasil maupun optimalnya suatu cara
memasarkan produk. Dengan mengetahui strategi pemasaran suatu perusahaan kita
dapat pelajaran untuk menganalisa seberapa penting nya pemasaran dalam dunia
usaha untuk penjualan suatu produk agar tidak mengalami kerugian.
Dari hasil penelitian ini, penulis
ingin mengetahui seberapa dalam dan pentingnya pemasaran yang diterapkan oleh
“Alfamart” dalam meraih pangsa pasarnya di dunia usaha yang sudah
mengeraglobalisasi.
I
KATA PENGANTAR
Puji syukur
penulis panjatkan kehadirat Allah yang telah memberikan rakhmat dan karunia-Nya
sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan ilmiah yang berjudul “Penelitian
Usaha Alfamart”.
Penulis menyadari bahwa
keberhasilan penulisan ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak, baik
langsung maupun tidak langsung. Dalam kesempatan ini, penulis ingin
menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar- besarnya kepada:
1. Allah
SWT. Yang telah memberikan nikmat sehatnya kepada penulis, sehingga penulis
dapat menyelesaikan penulisan ilmiah ini dengan baik.
2. Kepada
kedua orang tua penulis yang telah memberikan semangat kepada penulis dalam
menyelesaikan tulisan ilmiah ini.
3. Kepada teman-teman selaku
mahasiswa Univ. Gunadarma yang telah membantu saya dengan dukungan dan support
hingga terbentuknya penulisan ilmiah ini.
II
DAFTAR ISI
ABSTRAKSI…………………………………………………………………….…………..
I
DAFTAR ISI………………………………………………………...……………………… II
KATA PENGANTAR………………………………………………….………………….
III
BAB I PENDAHULUAN……………………………………………………….…………. 1
1.1 Latar Belakang
Masalah………………………………………………………….……… 1
1.2 Rumusan
Masalah………………………………………………….……………………. 1
1.3 Batasan
Masalah…….…………………………………………………………………… 1
1.4 Tujuan
Penelitian…………………………………………………….…….…………….. 1
1.5 Manfaat
Penelitian……………………………………………………………………….. 2
1.6 Metode
Penelitian………………………………………………….….…………………. 2
BAB II PEMBAHASAN………………………………………………….……………….. 3
2.1 Pengertian Pemasaran………………………………………………….…….…………… 3
2.2 Strategi Pemasaran……………………………………………………………………….. 3
2.3 Suasana Dalam Toko………………………………………………….….……………… 6
2.4 Kerjasama Alfamart Dengan Perusahaan Lain ...............................................7
2.5 Analisis SWOT…………………………………………………….……….……………. 11
BAB III
KESIMPULAN…………………………………………………….…….………………. 12
3.1 Kesimpulan ……………………………………………………….……..…………….. 12
3.2 Daftar
Pustaka……………………………………………………………..……………. 12
III
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Di masa yang sangat erat dalam dunia pemasaran
dibutuhkan suatu cara yang dapat memperoleh mutu dalam meraih pangsa pasar.
Semakin menjamurnya bisnis waralaba di Indonesia dewasa sekarang ini,
menunjukan semakin banyak masyarakat memilih untuk berbelanja di tempat yang
nyaman, bersih dan juga pelayanan yang baik. Salah satunya adalah Alfamart,
yaitu sebuah waralaba minimarket yang menyediakan produk kebutuhan sehari-hari
masyarakat.
Melihat dari besarnya kesempatan bisnis dalam meraih pasar di bidang
penjualan produk kebutuhan sehari-hari tersebut dan juga adanya persaingan yang
ketat dengan waralaba sejenis, maka diperlukan strategi bersaing, khususnya di
bidang pemasaran tepat. Mengingat tempat/lokasi strategis yang mungkin menjadi
salah satu yang dapat menentukan bisnis tersebut, agar tujuan perusahaan untuk
meningkatkan penjualan tercapai dengan optimal.
Dengan dasar alasan tersebut, penulis tertarik untuk mengetahui lebih dalam
tentang strategi pemasaran Alfamart dalam penjualan dan promosi
produk-produknya. Dan untuk maksud alasan tersebut maka penulis ingin melakukan
penulisan ilmiah yang akan di beri judul dengan nama:
“STRATEGI
PEMASARAN ALFAMART DALAM MERAIH PANGSA PASAR DI DUNIA USAHA”
1.2. Rumusan Masalah
Berdasarkan dari semua maksud dan alasan dari latar belakang yang telah
diuraikan sebelumnya diatas oleh penulis, hingga di dapat sebuah perumusan
masalah yang akan dibahas adalah :
a) Strategi pemasaran apakah
yang diterapkan Alfamart untuk menarik konsumen ?
b) Faktor dan ancaman apa saja
yang dihadapi Alfamart dalam melakukukan promosi penjualan dan pemasarannya ?
1.3. Batasan Masalah
Dari semua rumusan masalah yang diuraikan oleh penulis, penulis membatasi
masalah yang diambil dalam penentuan penulisan ilmiah ini yaitu :
a) Strategi pemasaran Alfamart
dalam mempromosikan produk-produknya.
b) Hambatan yang sering
dihadapi Alfamart dalam menmasarkan produk-produknya.
1.4. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian dari penulisan ilmiah ini adalah untuk
mengetahui pelaksanaan dan proses bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan
Alfamart untuk menarik konsumen, untuk menganalisa bagaimana ancaman dan faktor
utama yang dihadapi Alfamart dalam persaingan promosi penjualan produknya dan
langkah apa yang diambil Alfamart untuk memasarkan produknya lebih optimal
lagi.
1
1.5. Manfaat Penenlitian
Dengan dilakukannya penelitian ini, akan memberikan maafaat diantaranya
adalah :
a) Manfaat akademis
Diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat dalam menambah wawasan,
pengetahuan, informasi atau masukan terhadap mahasiswa, serta lebih memahami
lebih dalam lagi tetntang cara menerapkan strategi pemasaran terhadap
penjualan.
b) Manfaat Praktis
Penelitian ini diharapkan dapat memberi referensi maupun sumbangan
informasi serta pemikiran bagi pihak perusahaan/toko dalam perbaikan strategi
pemasaran dan untuk dapat menentukan kebijakan dalam mengambil keputusan
khususnya dalam pengambilan strategi bersaing, guna memajukan dan meningkatkan
penjualan dan pengembangan usaha secara optimal.
1.6. Metode Penelitian
Penulisan ilmiah ini disusun dengan acuan beberapa metode diantaranya
adalah :
Objek utama penelitian ini adalah di Alfamart Kemang Pratama 2 yang
terletak di Jalan Raya Kemang Pratama Raya, Bekasi Selatan.Dalam penulisan
ilmiah ini, data yang digunakan oleh penulis adalah data primer dan data
sekunder. Data primer merupakan sumber data penelitian yang diperoleh secara
langsung dari sumber asli (tidak melalui media perantara).
Data primer dalam penelitian ini diperoleh dengan cara observasi dan
wawancara langsung dengan karyawan dan pemiliknya, yang penulis lakukan dengan
cara mengikuti dan mengamati proses pekerjaan yang dilakukan di dalam
minimarket Alfamart. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui buku-buku serta
situs-situs resmi yang mendukung pembahasan dalam penelitian ini.
Untuk mendapatkan data atau informasi yang dibutuhkan dalam penulisan
ilmiah ini penulis memperoleh data dari:
1. Studi Lapangan
Wawancara: diperlukan dalam rangka melengkapi data dengan mengajukan
pertanyaan kepada pemilik dan karyawan minimarket Alfamart Kemang Pratama 2.
1. Studi Pustaka
Penulis mengumpulkan data dari kumpulan catatan penulis serta buku-buku
yang berkaitan dengan pemasaran dan penelitian ini.
Alat analisis yang digunakan dalam penulisan ilmiah ini adalah dengan
menggunakan media yang diterapkan langsung oleh minimarket Alfamart.
2
BAB III
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Pemasaran
Ditengah maraknya pasar yang kian saling bersaing
satu sama lain kini bukan hanya julukan bagi Kota Bekasi, Daerah Pekayon Jaya
pun demikian (wilayah kota Bekasi bagian selatan). Dengan padatnya usaha-usaha
sejenis di seluruh penjuru Kota Bekasi (terlepas dari kontroversi permasalahan
perizinan minimarket Alfamart), maka diperlukan strategi pemasaran yang tepat
agar dapat menarik konsumen di tengah minimarket-minimarket sejenis yang
lokasinya mungkin saja bersebelahan atau bersebrangan.
“Pemasaran
adalah suatu proses kegiatan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor sosial,
budaya, politik, ekonomi, dan manajerial. Akibat dari pengaruh berbagai faktor
tersebut adalah masing-masing individu maupun kelompok mendapatkan kebutuhan
dan keinginan dengan menciptakan, menawarkan, dan menukarkan produk yang
memiliki nilai komoditas.” (Freddy Rangkuti 2004 : 11).
“Pemasaran
adalah sebuah fungsi manajemen penting yang diperlukan guna menciptakan
permintaan produk yang anda jual.” (Paul N. Bloom dan Louise N. Boone 2006:5)
“Pemasaran
secara sederhana adalah yang mengatur relasi menguntungkan dengan konsumen.
Tujuan dari pemasaran adalah menciptakan nilai untuk konsumen dan untuk
menangkap nilai dari konsumen atau mendapat timbal balik dari konsumen.”
(Philip Kotler dan Gary Armstrong 2010)
2.2 Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan mengenai biaya
pemasaran, bauran pemasaran, harga produk, kondisi produk dan alokasi pemasaran
dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi
persaingan.
Menurut Philip Kotler dan Gary Amstrong yang diterjemahkan Imam Nurmawan
(2001;53) menyatakan bahwa strategi pemasaran adalah logika pemasaran yang
dengan unit usaha berharap dapat mencapai tujuan perusahaannya.
3
Menurut Fandy Tjipto yang dikutip Tull dan Kahle (2001;6) strategi
pemasaran adalah sebagai alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai
tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan
melalui pasar yang dimasuki dengan program pemasaran, yang digunakan untuk
melayani pasar sasaran tersebut.
• Strategi pemasaran adalah sebuah
proses
• Tujuan utamanya adalah untuk mencapai
level tertinggi dari kepuasan konsumen dengan cara menunjukkan kinerja
perusahaan dalam situasi pasar yang kompetitif dan dapat melayani pasar
sasaran.
• Strategi pemasaran melakukan interaksi
dengan berbagai faktor lingkungan sekitar perusahaan dan menghubungkannya
dengan perusahaan.
• Strategi pemasaran dapat memberikan
pandangan luas tentang pasar.
Bauran Pemasaran
Menurut Philip Kotler (1993), Bauran Pemasaran adalah serangkaian variabel
pemasaran terkendali yang dipakai oleh perusahaan untuk menghasilkan tanggapan
yang dikehendaki perusahaan dari pasar sasarannya.
Bauran pemasaran pada umumnya dikenal dengan 4P yaitu : product, price,
place, promotion. Namun menurut beberapa pakar pemasaran, bauran pemasaran
untuk usaha eceran perlu diperluas.
Menurut Lamb, Hair, dan McDaniel, bauran pemasaran untuk usaha eceran (retailing
mix) terdiri dari enam P : empat P kombinasi bauran Pemasaran (product, place,
promotion, price) ditambah personnel dan presentation.Dimana personnel terdiri
dari pelayanan pelanggan dan penjualan pribadi, danpresentation terdiri dari
tata letak dan suasana. Kombinasi enam P ini memproyeksikan citra toko, yang
mempengaruhi persepsi para konsumen.
Di dalam pelaksanaan operasi penjualan secara eceran, penambahan
personnelmerupakan penjualan pribadi yang diarahkan kepada pelayanan yang
diberikan, sedangkan presentation merupakan pengembangan dari promosi sebagai
langkah untuk merubah perilaku konsumen dalam berbelanja yaitu dalam hal desain
eksterior (luar) maupun interiornya (setting latar di dalam toko), dan
memberikan kenyamanan dengan menciptakan atmosfer yang baik dari dalam toko.
Di sisi lain menurut Hendri Ma’ruf, bauran eceran terdiri dari
lokasi,merchandise, pricing, periklanan dan promosi, atmosfer dalam gerai,
danretail service.
Dari definisi diatas dapat dilihat bahwa bauran eceran meliputi enam
variabel utama yaitu barang dagangan, lokasi, promosi, harga, pelayanan, dan
suasana toko (luar dan dalam).
Lokasi (location)
Lamb, Hair, dan McDaniel mengatakan bahwa lokasi mempengaruhi pertumbuhan
di masa depan, area yang dipilih haruslah mampu untuk tumbuh dari segi ekonomi
sehingga dapat mempertahankan keberlangsungan toko semula dan toko-toko di masa
datang. Jika nilai lokasi
memburuk, toko tersebut mungkin harus pindah atau tutup.
Menurut Hendri Ma’ruf (2005;115) lokasi adalah faktor yang sangat penting
dalam bauran pemasaran ritel (retail marketing mix). Pada lokasi yang tepat,
sebuah gerai akan lebih sukses dibandingkan gerai lainya yang berlokasi kurang
strategis.
Barang Dagangan (Merchandising)
Menurut Asep ST Sujana (2005;33) merchandising diartikan sebagai supaya
pengadaan dan penanganan barang. American Marketing Association dalam Davidson
(1988) mendefinisikan merchanding sebagai upaya-upaya penyediaan barang yang
tepat, pada tingkat harga yang tepat dan pada saat yang tepat pula.
Harga (price)
Bagi konsumen harga merupakan segala bentuk biaya
moneter yang dikorbankan oleh konsumen untuk memperoleh, memiliki, memanfaatkan
sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanan dari suatu produk.
Menurut Komarudin Sastradipoera (2003;141), harga merupakan hasil pertemuan
dari transaksi barang atau jasa yang dilakukan oleh permintaan dan penawaran di
pasar.
Adapun pengertian harga menurut Komarudin Sastradipoera (2003;141), harga
adalah sebagai jumlah sesuatu yang dipertukarkan dalam barter atau penjualan,
untuk memperoleh sesuatu yang lainnya. Sebuah toko dapat menjadi terkenal
karena harga jual yang ditetapkan cukup murah atau harga jual yang ditetapkan
merupakan harga pasti. Berdasarkan hal itu, ritel harus dapat menetapkan harga.
Menurut H:Djaslim Saladin (2002;95) Tujuan penetapan harga adalah :
- Profl maximalitazion
pricing (maksimalisasi keuntungan) Yaitu untuk mencapai maksimalisasi
keuntungan.
- Market
share pricing (penetapan harga untuk merebut pangsa pasar)
Dengan harga rendah, maka pasar akan dikuasai, syaratnya :
- Pasar cukup sensitive
terhadap harga
- Biaya produksi dan
distribusi turun jika produksi naik
- Harga turun pesaing
sedikit
Promosi (promotion)
Di dalam perusahaan ritel sangat memerlukan promosi untuk memasarkan produk
yang telah di hasilkan, dimana dalam hal ini promosi sebagai alat bantu untuk
mendefinisikan produk, untuk menghimbau pembeli dan untuk meneruskan informasi
dalam proses mengambil keputusan pembeli dengan adanya promosi.
Pengertian promosi menurut Buchari Alma (2004:179): ”Promosi adalah
komunikasi yang memberi penjelasan dan meyakinkan calon konsumen mengenai
barang dan jasa dengan tujuan untuk memperoleh perhatian, mendidik,
mengingatkan dan meyakinkan calon konsumen.
Promosi pun terbagi beberapa bentuk-bentuk menurut Kotler dan Amstrong
(2004:600) adalah sebagai berikut:
1. Pemasangan iklan adalah
setiap bentuk presentasi dan promosi yang memerlukan biaya tentang gagasan,
barang atau jasa oleh sponsor yang jelas.
2. Penjualan Personal adalah
Presentasi personal oleh tenaga penjual dari sebuah perusahaan dengan tujuan
menghasilkan transaksi penjualan dan membangun hubungan dengan pelanggan.
3. Promosi Penjualan adalah
insentif-insentif jangka pendek untuk mendorong penjualan produk atau jasa.
5
Pelayanan (service)
Menurut Kotler (2007:427) mengatakan bahwa ”Pelayanan adalah tindakan atau
keterampilan yang dapat ditawarkan oleh apapun juga yang pada dasarnya tidak
berwujud dan tidak menyebabkan kepemilikan sesuatu, pelayanan dapat disertakan
dengan produk yang berbentuk fisik”.
Aspek pelayanan semakin hari semakin nyata perannya, secara umum pelayanan
tersebut meliputi bagaimana kecepatan melayani pelanggan sebelum berbelanja.
Dengan demikian usaha eceran (retailer) harus mampu mencoba sedemikian rupa
agar pelayanan yang dirasakan pelanggan meningkat serta sesuai dengan kehendak
pelanggan.
Unsur pelayanan adalah unsur yang memiliki peranan penting dalam persaingan
non-harga dengan pengecer-pengecer lain. Unsur-unsur pelayanan menjadi nyata
bagi Perusahaan dengan bersaing dengan para pesaingnya karena unsur pelayanan
sangat sulit ditiru oleh pesaing. Kotler (2007:446) membagi pelayanan menjadi
dua bagian yaitu :
• Pelayanan primer dalam usaha eceran
antara lain : pembayaran kredit, pengantaran, penanganan keluhan, pelayanan
parkir, ruang istirahat termasuk toilet, pelayanan perbaikan, pelayanan
telepon, kamar pas, pelayanan pemasangan, dan waktu operasi toko.
• Pelayanan pendukung
antara lain : pelayanan kehilangan barang, ruang bermain anak, jasa
pembungkusan, informasi lokasi barang, konsultasi dan informasi pembelian.
Pelayanan adalah salah satu faktor pemberi nilai tambah bagi peritel, atau
peritel dapat memilih kombinasi ragam produk dan tingkat pelayanan
sebagaipositioning.
2.3 Suasana Dalam Toko (atmosfer)
Jika iklan bertujuan memberitahu, menarik, memikat atau mendorong konsumen,
untuk datang ke gerai dan membeli barang, maka suasana toko berperan penting
memikat pembeli, membuat nyaman mereka dalam memilih barang belanjaan, dan
mengingatkan mereka produk apa yang perlu dimiliki baik untuk keperluan pribadi
maupun keperluan rumah tangga. Gerai kecil yang tertata rapih dan menarik akan
lebih mengundang pembeli dibandingkan gerai yang diatur biasa saja tetapi
bersih, namun itu masih lebih menarik dari pada gerai yang tidak diatur baik
dan tampak kotor.
Suasana dalam gerai menggambarkan moment of truth, yaitu situasi langsung
yang dirasakan konsumen pada saat berbelanja. Jika setting suasana itu optimal
maka peritel (dengan gerai yang dikunjungi konsumen) akan dapat menyentuh emosi
konsumen dan memberi pengalaman berbelanja yang menyenangkan. Desain toko yang
baik akan menarik banyak konsumen untuk datang, desain toko merupakan strategi
penting untuk menciptakan suasana yang akan membuat pelanggan merasa betah
berasa dalam suatu gerai atau toko. Desain toko yaitu desain interior yang
mencakup tata letak barang, aksesoris toko sementara desain eksterior mencakup
lay-out, pintu masuk, dan jalan masuk.
2.4 Kerjasama Alfamart Dengan Perusahaan Lain
Tiket Kereta Api di Alfamart
OVERVIEW
Layanan hasil kerjasama Alfamart dengan PT. Kereta Api Indonesia (KAI)
untuk melayani pembelian tiket kereta Api di Alfamart khususnya kelas
eksekutif, bisnis dan kelas ekonomi komersial/AC.
:: Cara Pembelian Tiket Kereta Api di Alfamart
- Konsumen dapat mendatangi seluruh toko Alfamart untuk dapat dilayani
pembelian tiket kereta api selama 24 jam (tidak ada batas waktu) selama jam
kerja toko masih beroperasi.
- Konsumen mengisi formulir pemesanan tiket yang disediakan di Toko Alfamart
- Karyawan Toko Alfamart mengisi data yang diterima konsumen dan melakukan
pengecekan di Aplikasi online yang terdapat di Toko Alfamart.
- Karyawan Toko Alfamart akan melakukan konfirmasi untuk ketersediaan tiket
tujuan yang dipesan, Jika sudah sesuai konsumen melakukan pembayaran sesuai
dengan harga tiket ditambah biaya administrasi sebesar Rp 6.000
- Konsumen dapat melakukan pembayaran dengan tunai atau non tunai (1) Debit
BCA, (2) BCA Flazz, (3) BNI Prepaid dan (4) Mandiri Prabayar
- Transaksi pembelian tiket kereta api di Alfamart berhasil dilakukan,
konsumen diberikan bukti Transaksi pembelian tiket kereta api
:: FAQ
T : Apakah Reservasi Online Tiket Kereta Api BISA UNTUK BERANGKAT HARI INI
hingga H+90?
J : Bisa
T : Apakah Reservasi Online Tiket Kereta Api berlaku untuk harga PROMO,
kelas EKONOMI AC, BISNIS dan EKSEKUTIF.
J : Untuk tiket Promo bisa selama persediaan masih ada. Untuk kelas EKONOMI, tetap harus pesan
langsung ke loket stasiun
T : Berapakah Tarif Administrasi
pembelian tiket kereta Api di Alfamart?
J : Rp 6.000 / transaksi
T : Apakah Struk transaksi Reservasi Online Tiket Kereta Api bisa segera
DITUKAR HARI ITU di STASIUN ONLINE MANAPUN?
7
J : Iya, Konsumen dapat segera menukarkan HARI ITU di STASIUN ONLINE
MANAPUN dan boleh menukarkan selambatnya 1 jam sebelum keberangkatan di stasiun
online kereta api di manapun (tidak harus di stasiun keberangkatan). Contoh:
dari Jakarta pesan tiket balik untuk stasiun Gubeng (Surabaya) ke stasiun
Gambir (Jakarta), boleh tukarin struknya di stasiun Gambir (Jakarta), atau di
stasiun online lainnya, misalkan di stasiun Senen (Jakarta).
T : Apakah ada perbedaan harga tiket antara untuk Dewasa dan Anak?
J : Untuk Dewasa dan Anak, perbedaannya adalah di HARGA TIKET untuk kelas
Bisnis (kelas lainnya, harganya sama). Selain itu
untuk Penumpang pertama boleh Dewasa maupun Anak. Tidak ada aturan lagi,
Penumpang pertama harus Dewasa.
T : Bagaimana jika KONSUMEN KEHILANGAN STRUK transaksi Reservasi Online
Tiket Kereta Api?
J : Datang kembali ke toko yang melakukan transaksi dengan dilakukan oleh
hanya Penumpang pertama dan konsumen pertama wajib menunjukkan identitas yang
digunakan saat transaksi tsb
Poin Senyum Indosat
Program Indosat Senyum adalah program Loyalti dan Retensi Indosat yang
berbasis poin. Semua pelanggan GSM Indosat berhak untuk mendapatkan Poin Senyum
yang berasal dari setiap pemakaian pelanggan atas layanan telekomunikasi
Indosat (Mentari, IM3, Matrix dan Indosat Mobile).
Poin Indosat Senyum bisa ditukarkan dengan voucher belanja Alfamart yang dapat
digunakan untuk berbelanja GRATIS di Alfamart, untuk nominal belanja Rp 5.000
dan Rp 10.000.
Untuk bisa bergabung dalam Program Indosat Senyum, pelanggan harus
mendaftarkan nomornya terlebih dahulu.
Cara Pendaftaran Program Indosat Senyum
1. Melalui SMS : ketik SENYUM kirim ke 7887
2. Atau melalui *888*9*3# OK/Call
3. Tarif Rp 25 / SMS
Cara Pengecekan Poin Indosat Senyum
1. Melalui SMS : ketik POIN kirim ke 7887
2. Atau melalui *888*9*1# OK/Call
3. Tarif Rp 0 / SMS
Cara Penukaran Voucher Belanja Alfamart
1. Untuk nominal belanja Rp 5.000 :
melalui SMS, ketik Alfamart 5000 kirim ke 7887
2. Untuk nominal belanja Rp 10.000
: melalui SMS, ketik Alfamart 10000 kirim ke 7887
3. Tarif Rp 25 / SMS
8
4. Bisa diredeem berkali – kali, misalkan punya poin 28.000, bisa ditukar
dengan :
4.1. SMS ketik Alfamart 10000 kirim
ke 7887
4.2. SMS ketik Alfamart 10000 kirim
ke 7887
4.3. SMS ketik Alfamart 5000 kirim
ke 7887
Cara Berbelanja Menggunakan Voucher Belanja Alfamart
1. Datang ke toko Alfamart terdekat
2. Belanja seperti biasa di Alfamart
3. Saat pembayaran, tunjukkan SMS dari 7887 yang berisi kode voucher
Alfamart untuk ditransaksikan di toko
4. Satu transaksi pembayaran, bisa menggunakan beberapa kode voucher
Alfamart
5. Misalkan sudah redeem 2x voucher belanja Rp 10.000 dan 1 voucher belanja
Rp 5.000, dan total belanja = Rp 45.000, maka tinggal bayar sisanya Rp 20.000
(belanja Rp 45.000 – voucher Rp 25.000)
Layanan Transaksi PLN di Alfamart
Info Layanan
Sejak tanggal 5 November 2011, Alfamart mulai menerima layanan transaksi
PLN di toko toko
Alfamart di seluruh Indonesia. Dengan diluncurkannya layanan ini, kini
masyarakat dapat
melakukan transaksi pembayaran tagihan rekening listrik PLN, maupun
pembelian pulsa listrik
prabayar di kasir Alfamart.
Keuntungan menggunakan Layanan ini
Selain praktis dan bebas antri, layanan ini menawarkan flexibilitas kepada
masyarakat,
karena dapat digunakan baik di hari kerja maupun di hari libur, sesuai
dengan jam
operasional toko. Masyarakat juga dapat melakukan transaksi untuk nomor
rekening
listrik manapun di seluruh toko Alfamart.
Cara menikmati Layanan ini
Untuk melakukan pembayaran tagihan listrik PLN, Customer hanya perlu
membawa /
memberitahu nomer ID Pelanggan PLN mereka kepada kasir.
Untuk melakukan pembelian pulsa listrik prabayar, Customer hanya perlu
membawa /
memberi tahu nomer ID Pelanggan PLN, atau nomer meter mereka kepada kasir
9
Tarif
Untuk menikmati layanan ini, konsumen akan dikenakan biaya admin sebesar
Rp1,600
Layanan Cicilan WOM di Alfamart
Info Layanan
Sejak tanggal 1 January 2012, Alfamart bekerjasama dengan PT Wahana
Ottomitra
Multiartha Tbk (WOM) mulai memperkenalkan layanan cicilan WOM di toko toko
Alfamart di
seluruh indonesia. Dengan adanya layanan ini, kini masyarakan dapat
melakukan transaksi
pembayaran cicilan WOM mereka di kasir.
Keuntungan menggunakan Layanan ini
Selain praktis dan bebas antri, layanan ini menawarkan flexibilitas kepada
masyarakat,
karena dapat digunakan baik di hari kerja maupun di hari libur, sesuai
dengan jam
operasional toko.
Cara menikmati Layanan ini
Customer hanya perlu menunjukkan kartu angsuran mereka kepada kasir
Tarif
Tidak ada tarif ataupun biaya tambahan yang akan dikenakan kepada konsumen
untuk
menikmati layanan ini
Layanan Cicilan FIF di Alfamart
Info Layanan
Sejak tanggal 1 January 2012, Alfamart bekerjasama dengan PT Federal
International Finance
(FIF) mulai memperkenalkan layanan cicilan FIF di toko toko Alfamart di
seluruh indonesia.
Dengan adanya layanan ini, kini masyarakan dapat melakukan transaksi pembayaran
cicilan
FIF mereka di kasir.
Keuntungan menggunakan Layanan ini
Selain praktis dan bebas antri, layanan ini menawarkan flexibilitas kepada
masyarakat,
karena dapat digunakan baik di hari kerja maupun di hari libur, sesuai
dengan jam
operasional toko.
Cara menikmati Layanan ini
Customer hanya perlu menunjukkan kartu angsuran mereka kepada kasir
Tarif
tidak ada tarif ataupun biaya tambahan yang akan dikenakan kepada konsumen
untuk menikmati layanan ini
2.5 Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah sebuah metode perencanaan
strategis yang digunakan untuk mengevaluasi Strengths, Weakness, Opportunities,
dan Threatsterlibat dalam suatu proyek atau dalam bisnis usaha. Hal ini
melibatkan penentuan tujuan usaha bisnis atau proyek dan mengidentifikasi
faktor-faktor internal dan eksternal yang baik dan menguntungkan untuk mencapai
tujuan itu.
Teori Analisis SWOT adalah sebuah
teori yang digunakan untuk merencanakan sesuatu hal yang dilakukan dengan SWOT.
SWOT adalah sebuah singkatan dari S adalah Strenght atau Kekuatan, W adalah
Weakness atau Kelemahan, O adalah Oppurtunity atau Kesempatan, dan T adalah
Threat atau Ancaman. Menurut Freddy Rangkuti (2005), SWOT adalah identitas
berbagai faktor secara sistematis untuk merumusakan strategi pelayanan. Analisis ini berdasarkan logika yang dapat
memaksimalkan peluang namun secara bersamaan dapat meminimalkan kekurangan dan
ancaman. Analisis SWOT membandingkan antara faktor eksternal dan faktor
internal.
2.6 Sistem Pembayaran dan
informasi menggunakan data base SQL
SQL (Structured Query Language) adalah
sebuah bahasa yang digunakan untuk
mengakses data dalam basis
data relasional Bahasa ini secara de
facto merupakan bahasa
standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Saat ini hampir
semua server basis data yang ada mendukung bahasa ini untuk melakukan manajemen
datanya.
Pengumpulan dan Penggunaan Informasi
Menurut pegawai alfamart SQL yang
di gunakan untuk mengumpulkan informasi pribadi dengan Pengunjung website yang
tidak dikenal: Jika anda mengunjungi website kami, kami dapat menyimpan atau
merekam semua informasi yang terkait dengan IP address, informasi “cookie”, dan
semua informasi lainnya tentang konten apa yang anda akses atau kunjungi.
Informasi ini dikumpulkan dan dijalankan oleh sistem ketika anda mengunjungi
dan mengakses website kami.
Sistem pembayaran dan informasi dengan SQL Untuk memudahkan hubungan Alfamart dengan supplier, Alfamartmenjalankan yang bertujuan untuk memudahkan pelayan
supplier dan mendukung penerapan sistemteknologi
informasi dalam manajemen rantai pasokan.
BAB
III
KESIMPULAN
3.1 Kesimpulan
Dalam kajian penelitian sejenis ini, penulis berpedoman pada penulis ilmiah
yang sudah ada pada tahun-tahun sebelumnya yang tersedia di perpustakaan
Universitas Gunadarma. Penulisan ilmiah tersebut penulis jadikan pedoman karena
ada kesamaan tema dengan penelitian yang dibuat penulis. Judul penulisan
tersebut antara lain :
yang digunakan untuk menganalisa dan mengetahui bagaimana suatu perusahaan
untuk melakukan upaya-upaya dalam memasarkan produk-produknya. Dalam pembahasan
ini setiap strategi yang dilaksanakan Alfamart dapat dikatakan cukup berhasil.
Keberhasilan tersebut dapat terlihat pada banyaknya produk yang telah terjual.
3.2 Daftar Pustaka
• http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran
• http://infosky.wordpress.com/2008/04/11/strategi-pemasaran-4p3p/
• http://www.scribd.com/doc/16921528/strategi-pemasaran-
• http://ahlimanajemenpemasaran.com/
• http://purubaya92.wordpress.com/2012/04/06/strategi-pemasaran-alfamart-dalam-meraih-pangsa-pasar-di-dunia-usaha/
No comments:
Post a Comment